Minggu, 21 Oktober 2012

“AKU, FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN, AKU DAN PERIKANANKU”



“AKU, FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN,
 AKU DAN PERIKANANKU”


Teringat beberapa tahun silam, mungki lebih tepatnya 2 tahun yang lalu saat akhir semester di masaku SMA dan saat itu dimana keputusan dan pilihan yang baik yang akan menentukan masa depanku.. yap..dan akhirnya pun diriku berlabuh di UNIVERSITAS DIPONEGORO, subhanallah tak pernah ku sangka dan tak pernah sedikitpun terlintas dalam diriku untuk meneruskan mencari ilmu di universitas ini.

Singkat cerita sewaktu itu sebelum aku diterima dan mendaftarkan diri di universitas ini, hatiku memilih universitas lain berkat saran dari guru BK, aku mendaftarkan diri ke universitas diponegoro dan bagaimana aku memilih fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan cukup tak masuk akal, alasan pertama karena aku mendaftar dengan jalur PMDK guru Bk menyarankan mengambil jurusan yang tidak sama dengan anak lain agar peluang keterimanya pun mudah dan kebetulan sekolahku dekat dengan pesisir (SMA N 2 REMBANG) dan itu sangat pas (haha..alasan yang sedikit pesimis mungkin) dan akhirnya fakultas ini pun yang disarankan (karena aku orang termasuk “nrimo” ya..ok lah saya ambil,hee), alasan kedua mengapa akhirnya aku mengambil jurusan dan prodi ini tepat saat itu H-1 pendaftaran universitas diponegoro ditutup pada jalur PMDK ini akupun mengambil program studi yang memang tak terlalu ribet untuk mengurus segala persyaratannya dan jatuhlah pada program studi PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN yap.. ini karena tidak adanya persyaratan yang diharuskan ada surat tes buta warna karena sangat tak mungkin untuk melakukan itu dengan waktu yang singkat ini. Tak lama penantian itupun terjawab sudah disaat pengumuman pendaftaran itu namaku terpampang diantara nama-nama pendaftar lainnya..senang, bersyukur. DAN mulailah dunia baruku AKU DAN PERIKANANKU.


Setelah sejak saat itu banyak berpikir tentang perikanan, apa yang akan saya lakukan, apa yang akan dipelajari, tak ada gambaran tentang hal itu dan di tambah melihat Bapak saat itu seperti down melihat aku ketrima di sini namun mungkin beliaupun mendapatkan pencerahan dan pada akhirnyapun menerima dan mendukungku, bagiku segala sesuatunya pasti akan ada hikmahnya nanti dan Allah pasti mempunyai rencana lain dengan aku diterima di UNIVERSITAS DIPONEGORO, FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN, semua jika kita mau berusaha pasti bisa, apa sih yang gak mungkin didunia ini.. kata-kata itupun yang menguatkanku saat itu.

Setelah masuk menjadi Mahasiswa UNIVERSITAS DIPONEGORO dengan menjadi anak fakultas Perikanan dan ilmu kelautan, banyak hal yang ku dapati disini, proses ini memang tidak mudah namun bertahap dan pasti bisa, di mulai dengan dikenalinya aku dengan Tarbiyah, aku tinggal di wisma, aku sedikit tahu apa itu perikanan, apa itu Pemanfaatan sumberdaya perikanan, aku berorganisasi dan hal lainya. Hingga kini aku telah pada tingkat 3 atau bisa dibilang semester 5 ya syukurku slalu ku panjatkan pada Illahi Rabb yang telah membimbingku dan memudahkan segala perjalananku disini serta orang tuaku.


Berawal semester pertama dengan dipelajari dasar-dasar atau bisa dibilang pelajaran diSMA diulang kembali di mulai dari KIMIA DASAR, BIOLOGI UMUM, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS dan lain- lain. Semua ini membuatku mempelajari sesuatu yang baru karena segala system perkuliyahan sangat berbeda sekali dengan system di sekolah, disini kita lebih berperan aktif dan lebih mandiri. Sebelum lebih lanjut menceritakan saya dengan perikanan, alangkah baiknya ku perkenalkan terlebih dahulu Fakultasku ini.


FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU PERIKANAN dengan memiliki 2 jurusan yaitu PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN dengan disertakan 6 program studi dengan masing-masing bidangnya yaitu MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN, TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN, PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN, BUDIDAYA PERAIRAN, ILMU KELUTAN dan OSEANOGRAFI.  Yap itu lah program studi yang dimiliki terkadang banyak yang terkecoh dengan nama-nama mereka dengan apa yang dipelajari, contohnya aku, diawal aku memperrkirakan bahwa program studi PSP yang ku ambil ini tentang pemanfaatan ikan, jadi ikan ini akan dimanfaatkan sebagai apa saja, akan di bagaimanakan dan lain-lain namun ternyata salah, justru apa yang kupikirkan ini untuk prodi Teknologi Hasil Perikanan. Ya apapun itu sekarangpun sudah sedikitnya paham semoga akan lebih luas wawasannya.


Kembali pada awal semester.. ya seperti itu tadi awal semester inilah awal perkenalanku dengan perikanan, kemudian semester 2 dengan aku telah menjabat pengurus di salah satu organisasi di kampus menjadi padatlah kegiatanku dikampus, tak hanya itu segala macam pelajaran di semester 2 ini lebih memperkenalkan perikanan ke dalam diriku, ya.. dengan mempelajari dasar-dasar perikanan tangkap, dasar-dasar budidaya, dasar-dasar THP, avertebrata, ikhtiologi, semua ini memperkenalkan bagaimana ikan dan jenisnya tak hanya ikan yang dipelajari bermacam biota dilautpun kami pelajari disini, berbagai jenis dan bentuk-bentuknya kami dikenalkan oleh semester ini,


Beranjak semester3 disini lebih dekat saja aku dengan perikanan bagaimana tidak pelajaran dan praktikum yang disuguhi di sini membuat aku semakin cinta dengan perikanan yap.. Limnologi, ekoper, biopi, meteorology laut, tingkah laku ikan semakin mendekatkanku dengan perikanan segala pengalaman yang mereka berikan sangat membekas di hati, seperti di semester 2, kuliyah renang ku belum lulus, avertebrata yang sempat kesetrum saat ingin meneliti cacing dimikroskop, ikhtiologi dengan segala baunya ikan, amisnya ikan dan bagaimana kita “membelek” ikan, di semester3 limnology dengan memberikan kesan kekeluargaan dipinggir kolam tidur dipinggir kolam, kehujanan, masuk kolam malam-malam setiap jamnya mengukur segala aspek-aspek yang diharuskan memiliki datanya, ekoper (ekologi perairan tropis) dengan capeknya jalan menuju post-post praktikum yang akan diteliti dengan membawa barang-barang yang baru kukenal disini seperti linetransek, pake sepatu sampling dan alat seperangkat lainnya dan bagaimana mengambil biotanya, kebawa arus di muara, terperosok di tambak, hujan-hujanan di tambak, meteorolgi laut dengan kesan dihembuskan ombak besar rasanya seperti di pukul sama tongkat tapi ini dipukul sama ombak, mengukur segala aspeknya hingga 200 meter dari bibir pantai, mengamati awan-awan, tingkah laku ikan dengan memberi kesan mem”congkel” mata ikan serta di amati,mengamati tingkah ikan jika diberi suara, air hangat dll, 


sedangkan di semester 4 saya diperkenalkan lagi dan menjadi makin sayang saja dengan perikanan, disini kami diperkenalkan dengan MPI (Metode Penangkapan Ikan) yang memberi kesan yang tak akan terlupakan, bagaimana tidak.. disini saya pertama kalinya bermalam di bagan dengan berangkat kebagan cuaca yang ekstrim, hujan petir angin seperti di ujung tanduk saja nyawaku ini,haha.. siangnya dimainkan alunan ombak hingga jackpotpun kudapat..bermain dipulau panjang dan banyak hal lagi yang tak mampu kuungkapan satu persatu disini, DPI (Daerah Penangkapan ikan) dengan kesannya naik perahu mencari fishing ground, mendapat banyak ikan, Navigasi, Pengendalian Pencemaran dan masih banyak praktikum yang membuatku sangat bersyukur dan semangat menjalani dan terjun di perikanan ini, ini semua hanya sedkit ulasan tentang perikanan yang saya dapati, pengalaman itu adalah guru dari kesuksesan, pengalaman belajar untuk meraih kesuksesan, pengalaman yang sangat berharga dan tak pernah bisa terlupakan


Bener kata orang “TAK KENAL MAKA TAK SAYANG” awalnya memang ragu namun jika sudah tahu, paham dan kenal dengan apa yang kita hadapi saat ini pastinyalah akan bermakna dan berkesan serta 1 lagi pasti bisa, tak heran jika aku berani berbicara seperti ini karena pada awalnya memang tak pernah mengira dan tak pernah tau apa itu perikanan, gak pernah naik perahu, jarang main dilaut, takut kedalaman, namun semua itu kudapati disini dan segala yang kurasa tak bisa namun bisa, nyatanya saya bisa sampai semester 5 ini toh terbukti aku bisa menjalaninya kan..
Semoga yang akan kudapati nanti dan yang telah kudapati sebelumnya bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi orang lain, Negara , dunia dan akhirat. Amin .




(to be continue)

65 komentar:

  1. singkat namun menarik.. i like it (y)

    BalasHapus
  2. ka kalo gabisa renang gimana yaa? aku ambil prodi dan univ yg sama sama kaka, and then jalan ceritanya juga mirip. semoga mau dijawab aamiiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm..ya harus bisa de, klo gak bisa ya ngulang tahun depan...ni q semester ini ngulang matkul renang hehe..gapapa slow aja..jalanin semua...
      pasti ada hikmah dibaliknya...
      terus berusaha yaa semangat........

      Hapus
    2. yaallah jadi takut gini :( itu matkul renang ada di semester berapa ka? renangnya dimana? terus kaka udah bisa blm? duuh maaf ya ka banyak nanya :)

      Hapus
    3. Kak klo gak bisa renang gmna kak? Haduuh takuut:(

      Hapus
  3. hee maaf yaaa br bales..renang di semester 2 de...gak usah takut kamu pasti bisa kok...semua kan btuh proses sayang....renangnya ya dikolam renang hehe, nnt pasti tau kok..
    km baru ambil kul tahun 2013 ini ya?ngambil psp?atau apa??

    BalasHapus
  4. iya ka gapapa ko, iya aku baru tahun ini ambil S1 psp. wah makasi yaa ka makasi banyak :)

    BalasHapus
  5. ka mau tanya saya insyaAllah lulus dari sma tahun 2014 ini, udah daftarin utuk jalur undangan jg, nah salah satunya jurusan tek. hasil perikanan undip :D
    nah pertanyaan nya ni ka, kira2 di jurusan yg saya pengen diajarin juga ga cara untuk menjadi entepreneur d bdang perikanan? makasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya dek baru buka lg ni...wah udah mask blm ke THP?? THP (teknologi hasil perikanan) nah sip..thp itu lebih diajarakan gmn ikan itu dimanfaatkan, mjd apa...mgkin lbh teptnya bner katamu, diajarin jg jd entepreneur, krn diajarin bikin makanan khususnya dr ikan, inovasi2 dr ikan istilahnya tp gak cm itu msih bnyk yg lainnya, jd jgn kawatir..bnyk yg brmnfaat dr sini....
      semangat

      Hapus
    2. Ka aku insya Allah lulus tahun 2014 dan aku mau ambil undip THP aamiin.. ka aku mau tanya kalo di THP harus bisa renang tah ka?

      Hapus
  6. bagus bgt dan sangat menginspirasi,
    aku jg mau ngambil fpik tp ipb. jd tambah yakin sama apa yang telah aku tentuin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam mbak, untuk administrasi di fpik ipb, apakah ada rinciannya ?

      Hapus
  7. kak, teknologi hasil perikanan harus bisa renang juga ya?

    BalasHapus
  8. kak , kalo manajemen sumberdaya perairan harus bisa renang juga ya ????

    BalasHapus
  9. kak, saya insyaallah akan masuk kejurusan budidaya perairan. tapi sebenarnya masih kurang mengerti sebenarnya seperti apa jurusan itu dan apakah budidaya perairan itu cuma puol belajar tentang budidaya perairan aja atau gimana... saya juga mau tanya apakah di BDP ini juga belajar tentang bisnis atau menejemen? mohon bantuannya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo budidaya diajarkan bisnis dan managemen kok, suami mba kan ora bdp, bgus kok dek kereeeennn

      Hapus
  10. kak, saya tahun ini masuk psp, itu praktek menyelam d laut juga nggak sih kak.??? melakukan penelitian langsung d laut gitu.??? mohon jawabannya kak :)

    BalasHapus
  11. kak tahun ini aku masuk thp undip, alhamdulillah. mau tanya nih kak, di thp ada matkul diving di pantai2 gt gak sih kak? trus kuliahnya banyakan di lapangan atau kampus? makasih kak :)

    BalasHapus
  12. maaf ya...teman-teman semua blm bs balas 1 per 1,jd utk perikanan itu ada 4 prodi psp,msp,thp bdp, klo kelautan itu ad 2 prodi: ilmu kelautan dan oseanografi. nah utk jurusan perikanan (smua prodi) minimal klyan hrs bisa renang 50-100 m dek..klo utk praktikum dan penelitian tentunya kita akan berkaitan dg hal-hal yang berkaitan dg ikan dan laut. tenang aja, smuanya msh terkendali dan save kok, so...enjoy it..klo utk diving/menyelam itu khusus anak kelautan, sjauh ini yg mbak tau perikanan ndak ada menyelam..tp ttp smua nikmati dg senang dan semangat ya...

    BalasHapus
  13. kak aq insyaallah lulus th 2015.mau dftr undi ilmu kelautan nilai yg d priortaskn agar masuk situ ap y?? mohon bantuanyya..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..apa yaa..hehe...km pake jalur apa mau masuknya...klo tes..banyak2 blajar aja ujian masuknya krn itu yg menentukan masuknya. kalo sy dlu pmdk jd pake nilai rapot hehe. alhamdulillah

      Hapus
  14. Terimakasih kak. Aku akan jd penerus kakak d psp :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah alhamdulillah Mirda Tri Aries Chandra..selamat yaa..semangat dan sukses ya :)

      Hapus
  15. Kak.. saya mau tanya.. kalau prodi Manajemen Sumber Daya Perikanan UGM itu ada mata kuliah renangnya juga ga kak???
    Mohon segera dibalas ya kak, sangat ditunggu balasannya.. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  16. Kak.. saya mau tanya.. kalau prodi Manajemen Sumber Daya Perikanan UGM itu ada mata kuliah renangnya juga ga kak???
    Mohon segera dibalas ya kak, sangat ditunggu balasannya.. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya Lizani Visla klo UGM sy tidak tahu, karena saya alumni UNDIP.. tapi kemungkinan jg ada tp kata suami saya temenya yg di BDP UGM angkatan 2008 tidak ada matkul renang. karena kebijakan mata kuliyah tergantung akademik dr universitas dek :) cb di cek saja web di UGMnya. :) semangat...

      Hapus
  17. kak saya mau tanya. jurusan manajemen sumber daya perairan undip itu mempelajari apa aja ya selain air hehe? trus fokus belajarnya langsung ke manajemennya apa gimana? oiya sama peluang kerja bgimana?
    Mohon segera dibalas ya kak, sangat tunggu balasannya.. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  18. mau naya kalo ilmu kelautan apa boleh buta warna parsial? terimakasih ^^

    BalasHapus
  19. kak kalo jurusan perikanan itu dibagi berapa jurusan lagi.

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum kak,,salam kenal kak, saya wahyu kebetulan juga orang rembang (hehe).
    Mau nanya kalo kita nambil prodi tphp, peluang kerjanya gimana ya kak??? .trma kasih

    BalasHapus
  21. kak, saya mau tanya..
    kan dulu kakak pakek jalur PMDK di UNDIP.. nah, nilai mapel apa aja yang diambil kak kalau untuk masuk ke Fakultas Perikanan dan nilai rata-ratanya berapa?
    terimakasih :)

    BalasHapus
  22. kakak sekarang masih kuliah atau kerja? prospek kerja fakultas perikanan gimana kak ?

    BalasHapus
  23. kak tanya aku baru keterima PTN di Undip budidaya perairan kak..apa kah hrus bisa renang kak ?

    BalasHapus
  24. Kak saya gak bisa berenang, trs bagaimana ya?. Lalu apa prodi ini mewajibkan test buta warna? Dibalas secepatnya ya kak terimakasih

    BalasHapus
  25. Kak itu harus bisa berenang minimal 50-100m ? Itu berenang dimana :( kok serem gt aku belum bisa berenang sama sekali

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum kak,kak kalau jurusan perikanan ini banyak ceweknya atau cowoknya ya? Lalu bagaimana cara belajarnya? Apakah sering2 ke laut2 gt atau gmn kak? Katanya mesti renang ya, aku gabisa renang soalnya hehe. Makasih kak😊

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum kak,kak kalau jurusan perikanan ini banyak ceweknya atau cowoknya ya? Lalu bagaimana cara belajarnya? Apakah sering2 ke laut2 gt atau gmn kak? Katanya mesti renang ya, aku gabisa renang soalnya hehe. Makasih kak😊

    BalasHapus
  28. Ka mau tanya, entar kerjanya dimana ya kalo lulusan fpik?

    BalasHapus
  29. kak saya mau nanya, mapel/sks semester 1 di fpik kan ada biologi, kimia, fisika, dan mtk dasar, itu sistem pembelajarannya sama seperti di SMA??/seperti pratikum,
    terimaksih

    BalasHapus
  30. Kak.,,1 hal yang masih ngebuat ragu mau ngmbil matkul ini.,., Prospek kerjanya ap ya kak.,.,

    at lebih gampang nya kakak sekarang kerjanya apa???

    BalasHapus
  31. kak saya sekarang mahasiswa teknologi hasil perikanan undip semester 3, sekarang kaka kerja di apa/

    BalasHapus
  32. kak, boleh minta gmail ndak? saya baru tahun ini mau lulus, saya kurang motivasi nih kak mau masuk undip ilmu kelautan,, saya pengen tanya2 sama kakak senior biar lebih mantep lagi kallo mau ambil ilmu kelautan... makasih kak sebelumnya.

    BalasHapus
  33. kak. apa bener ya kalo fakultas ini sering bikin laporan dan menyita jam istirahat kita? soalnya aku pilih fakultas ini hehe . plis jawab kak jd bimbang:')

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum kak,
    Alhamdulillah sekarang saya lagi ada d jrusan psp juga,tapi bru tingkat pertama,dan belum bljr ttg jrusan,karena d univ saya bru bljar ttg jurusan itu d smster 3,say mau nnya kak,klw prospek kerja lulusan psp itu dmna ya kak dan kmna?
    Terima kasih

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum kak,
    Alhamdulillah sekarang saya lagi ada d jrusan psp juga,tapi bru tingkat pertama,dan belum bljr ttg jrusan,karena d univ saya bru bljar ttg jurusan itu d smster 3,say mau nnya kak,klw prospek kerja lulusan psp itu dmna ya kak dan kmna?
    Terima kasih

    BalasHapus
  36. Ka sy kan diterima di thp, nah ntar prospek kerjanya susah ga ya? Trus klo thp tuh kebanyak bio tah ka?

    BalasHapus
  37. Kakk.. aku keterima di fpik jurusan psp tapi aku masih ragu karena aku kurang minat masuk sini.. aku denger katanya tugas numpuk banget dijurusan ini.. mohon pencerahannya kakk :"(

    BalasHapus
  38. Kak... Aku diterima diPTN lambung mangkurat prodi manajemen sumber daya perairan... Apakah di jurusan itu yg buta warna parsial bisa masuk kak, tolong dijawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahun saya dlu saat pertma pendaftaran tdk bs klo buta warna.. Maaf jika jawabanya tdk membantu

      Hapus
  39. Apakah bisa lulusan SMA jurusan IPS,daftar di UNDIP ambil Fakultas Perikanan dan ilmu kelautan

    #Tolong di jawab, Terima Kasih

    BalasHapus
  40. Kak emang harus bisa renang ya? Kalo ada trauma gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus bisa, insyaallah nnt akan hilang traumanya.. Semangaaattttt berlatih ya

      Hapus
  41. ka,gw lulus nih tahun ini,dan gw jurusan ips,kira kira bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah bisa.. Dlu temen saya ada yg dr ips..

      Hapus
  42. Maaf utk semua teman2 yg blm terbalaskan ya.. Krn kesibukan menjadi orang tua baru dan udah lama gk pernah ngeblog lagi...

    BalasHapus
  43. MasyaAllah mbak, sukses selalu. Terima kasih telah berbagi pengalamannya.
    Saya mau tanya, kalau di SMA jurusan Bahasa, bisakah mengambil jurusan perikanan dan kelautan ?
    Terima kasih

    BalasHapus
  44. Anak tante juga di undip syg fakultas perikanan dan ilmu kelautan semester 4

    BalasHapus
  45. menarik bgt kak jd pengen bs masuk fakultas ini aku masih SMA :)

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Kak saya masih kelas 11 sekarang ini. Apa saya bisa masuk fakultas manajemen sumber daya perairan. Saya pengen kali kk. Tapi saya ips. Apa bisa kk? Kalau bisa apa semua univ nerima anak ips di fakultas kelautan kk?

    BalasHapus
  48. Kak kalo gak bisa renang gitu,nilainya tetep ada apa gak ya?

    BalasHapus
  49. Kakk klo gak bisa renang trus berarti gak lulus" yaa harus ngulang trus sampe bisa? Yahh jdi pesimis masuk FPIK:(

    BalasHapus
  50. Kak Alhamdulillah aku keterima di MSP, ceritanya sama persis sama kaka. Di MSP itu yg dipelajarin tentang apa aja ya kak..terimakasih

    BalasHapus